Data Logger Suhu

Data Logger suhu adalah suatu alat elektronik yang bermanfaat mencatat information suhu dan kelembaban dari selagi ke selagi secara continue. Beberapa information logger suhu pakai personal pc dan software sebagai area menyimpan information dan menganalisis data. Data yang disimpan di harddisk dapat diakses kapanpun kita inginkan. Hal ini terhitung sebagian perangkat akuisisi information seperti plug-in board atau proses komunikasi serial yang pakai pc sebagai proses penyimpanan information real time.

Hampir seluruh pabrikan menganggap sebuah information logger adalah sebuah perangkat yang berdiri sendiri (stand alone device) yang dapat membaca beragam macam style tanda elektronika dan menyimpan information di dalam memori internal untuk sesudah itu di-download ke sebuah komputer.

Logging information (data logging) adalah proses otomatis pengumpulan dan perekaman information dari sensor untuk obyek pengarsipan atau obyek analisis. Sensor digunakan untuk mengkonversi besaran fisik menjadi tanda listrik yang dapat diukur secara otomatis dan pada akhirnya dikirimkan ke pc atau mikroprosesor untuk pengolahan.

Pengertian lain dari information logger suhu (perekam information suhu) adalah sebuah alat elektronik yang mencatat information suhu dan kelembaban di suatu area dari selagi ke waktu. Atau secara singkat information logger suhu adalah alat untuk melakukan pemantauan suhu dan kelembaban hawa di suatu daerah. Biasanya ukuran fisiknya kecil, bertenaga baterai, portabel, dan disempurnakan bersama mikroprosesor, memori internal untuk menyimpan information dan sensor.

Beberapa information logger suhu diantarmukakan bersama pc dan pakai software untuk mengaktifkan information logger suhu menyaksikan dan menganalisis information yang terkumpul, selagi yang lain mempunyai peralatan antarmuka sendiri (keypad dan LCD).

data logger suhu berbasis PC (PC-based information logger suhu). Biasanya PC, untuk menyatukan information suhu dan kelembaban hawa dalam rangka menganalisis dan menampilkan hasilnya secara detail. Sistem information logger suhu terhitung dapat sediakan fitur tambahan seperti perhitungan selagi proses pemantauan alarm dan kontrol.

SCADA (supervisory control and information acquisition) merupakan evolusi lebih lanjut dari proses information logger suhu berbasis komputer, dimana information dihidangkan dalam bentuk grafis agar operator dapat mengawasi pertumbuhan suhu di suatu area atau tempat.

Karena fleksibilitas dari information logger suhu berbasis pc ini, mereka saat ini digunakan dalam beragam area seperti museum dan rumah kaca. Sistem information logger suhu mempunyai skalabilitas yang tinggi dan setidaknya 8 input hingga ribuan. Peralatan basic untuk pengukuran berbasis pc terdiri dari sensor untuk mendeteksi suhu dan terhitung kelembaban hawa sekitar.

Biasanya, sensor yang dipasang ke perangkat tanda input-output yang pada gilirannya dihubungkan ke pc pakai port standar seperti RS232, Ethernet atau USB. Atau dipasang segera ke bus komputer.

Salah satu keuntungan pakai information logger suhu adalah kemampuannya secara otomatis memonitor suhu dan kelembaban hawa tiap-tiap 24 jam. Setelah diaktifkan, information logger suhu digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam suhu dan kelembaban hawa sepanjang periode pemantauan. Hal ini memungkinkan untuk beroleh uraian yang komprehensif berkenaan suasana lingkungan yang dipantau.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close