Pengertian Rain Gauge

Rain Gauge merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan di suatu lokasi tertentu. Rain Gauge tidak berdiri secara sendirian, dia merupakan sekelompok alat perngujian yang bernama weather station, weather station terdiri berasal berasal dari : Rain Gauge, Rain Fall, Wind Direction, wind Speed.

Faktor – Faktor yang merubah Rain Gauge atau weather station dalam laksanakan pengukurannya :

1. Suhu

Suhu merupakan suatu besaran yang membuktikan derajat panas suatu benda. Sering kita membuktikan suatu benda panas atau dingin bersama bersama langkah menyentuh banda berikut bersama bersama alat indra kita.

meskipun kita tidak bisa menyimpulkan berapa derajat panas berasal berasal dari benda tersebut, untuk tahu seberapa besar suhu benda berikut maka digunakanlah termometer. Sama halnya bersama bersama weather station. pas kita mengukur suhu badan bersama bersama manfaatkan termometer.

Kita termasuk bisa mengukur suhu pas terjadinya hujan bersama bersama manfaatkan rain gauge atau weather station. Mengapa demikian ? mengapa kita mesti mengukur suhu pas terjadinya hujan ?

keakuratan berasal berasal dari hobo rain gauge weather station itu terlalu tinggi. Dia bukan cuma mengukur durasi lamanya hujan, tetapi dia memperhatikan suhu apalagi kecepatan angin pas terjadinya hujan pada suatu wilayah.

2. Waktu(Durasi Lama Hujan)

Waktu atau durasi curah hujan bisa suatu pengukuran curah hujan. pas musim kemarau, jarang sekali hujan yang datang, ataupun sekalinya berkunjung tentu saja bersama bersama durasi yang pendek. Tetapi ketika musim hujan, curah hujan yang turun berikut tergolong lama dan bersama bersama pas yang berkesinambungan.

3. Angin

Angin adalah udara yang bergerak akibat rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak berasal berasal dari daerah bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

Dalam proses terjadinya angin dipengaruhi oleh lebih berasal dari satu segi yang menyebabkan angin bisa ada dan keluar antara lain sebagai berikut..

Data Logging Rain Gauge

Data Logging Rain Gauge terdiri berasal berasal dari dua komponen utama: Curah Tipping-Bucket Kolektor, dan Log Data Event / Suhu HOBO®. Kolektor terdiri berasal berasal dari cincin, layar, dan coretan pisau aluminium berlapis hitam yang dilapisi bubuk hitam perakitan yang mengalihkan air hujan ke mekanisme tipping-bucket yang terdapat di aluminium perumahan. Perumahannya adalah aluminium berlapis bubuk putih yang dirancang untuk tahan bertahun-tahun paparan lingkungan.

Mekanisme tip-bucket dirancang sedemikian rupa agar salah satu ujungnya ember itu berjalan untuk masing-masing curah hujan 0,01 “(RG3) atau 0,2 mm (RG3-M). Setiap ember tip adalah terdeteksi pas magnet yang menempel pada ember tip menggerakkan saklar magnetis sebagai ember tip, agar merubah penutupan saklar pas untuk masing-masing tip.

Menghabiskan air hujan pas itu mengalir keluar berasal berasal dari dasar perumahan. Peralihan membuka ke HOBO Event / Temperatur information logger, yang mencatat pas masing-masing tip.

Data logger adalah logger event yang tahan lama dan tahan cuaca bersama bersama sensor suhu 10 bit. Bisa catat 16.000 atau lebih pengukuran dan tip. Menggunakan coupler dan base station optik bersama bersama Antarmuka USB untuk peluncuran dan pembacaan information oleh komputer. Pilihan antar-jemput information termasuk tersedia.

Catatan: Logger information Peristiwa / Suhu HOBO dan Tipping-Bucket Collector masing-masing mempunyai nomor urut mereka sendiri Nomor seri logger keluar lewat perumahan logger dan berada termasuk tercatat di file information HOBOware.

Seri Tipping-Bucket Collector nomor ditemukan pada label produk perumahan kolektor dan kotak kemasan. Ambil sebuah momen dan catat nomor seri di sini: HOBO Event / Temperature Data Logger Serial.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close